Perangkat Pembelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 X 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 2 UNAAHA
I. KOMPETENSI DASAR
2.1. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
II. INDIKATOR
· Mendeskripsikan manfaat program pengolah angka
· Mengaktifkan program
- Menggunakan berbagai menu pada program lembar kerja (work seet)
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
- Mendeskripsikan manfaat program pengolah angka
- Mengaktifkan program pengolah angka Microsoft Excel
- Menggunakan berbagai menu yang ada pada lembar kerja (worksheet)
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran Langsunng dan Praktik
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
- Modul Pembelajaran Sadiman
- Undang-undang hak cipta
VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi tentang pengolah angka dan worksheet
- Motivasi penggunaan excel dalam dunia kerja
B. Kegiatan Inti
Pertemuan ke-1 (2 jam)
- Guru memberikan contoh beberapa program pengolah data yang populer
- Guru menginformasikan tentang keunggulan MS. Excel
- Guru memberikan contoh step by step cara mengaktifkan MS.Excel
- Guru membimbing siswa untuk mengaktifkan MS. Excel dan menon-aktifkannya
- Guru menjelaskan step by step tentang bagian-bagian dari lembar kerja MS.Excel mulai dari Menu, Tool menu, indikator alamat cell, cell, kolom, lebar kolom, baris, banyak baris, sheet
- Guru memberikan contoh cara mengetik pada lembar kerja MS.Excel
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
VII. EVALUASI & PENILAIAN
A. Penilaian Pemahaman Konsep (Kognitif)
(Skor 0 – 100)
1. Berikan beberapa contoh program pengolah data yang handal dan banyak digunakan saat ini?
2. Tuliskan keunggulan-keunggulan (minimal 5) yang dimiliki MS. Excel
3. Apa nama bagian dibawah ini, dan tuliskan sub menunya masing-masing 2 buah
4. Apa fungsi dari toolmenu berikut :
A. B.
5. Apa nama bagian berikut dan jelaska !
B. Penilaian Praktik (Psikomotorik)
Meliputi :
– Keterampilan mengaktifkan dan menonaktikan MS. Excel (1 – 20)
– Keterampilan mengetik (1 – 20)
– Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan menu (1 – 20)
– Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan toolsmenu (1 – 20)
– Keterampilan mengidentifikasi alamat cell (1 – 20)
C. Penilaian Afektif (Sikap)
Meliputi :
– Kehadiran di kelas ketepatan kehadiran di kelas dengan rentang 1 – 4
– ketepatan waktu pengumpulan tugas
– Frekuensi menjawab soal (menunjuk jari, maju, mengkomentari jawaban teman)
– Sikap yang ditunjukan pada saat ditunjuk maju ke depan
– Kerjasama antar anggota kelompok
Mengetahui Unaaha,
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E
NIP. 132 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2.2
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
5.2. Membuat lembar kerja menggunakan program lembar kerja (workseet)
II. INDIKATOR
- Membuat dan menyimpan lembar kerja (workseet) baru
- Menggabungkan dua lembar kerja atau lebih
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
- Membuat lembar kerja (worksheet)
- Menyimpan lembar kerja (Worksheet)
- Menggabungkan dua buah lembar kerja atau lebih
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
2. Seperangkat computer beserta dengan tempat duduknya
VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Guru membagikan lembar kerja (LKS terlampir)
- Siswa mengerjakan LKS
- Guru mengontrol sempanjang siswa mengerjakan LKS
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
VI. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Penilaian kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :
- Kecepatan mengerjakan LKS
- Kerapihan pekerjaan
- Kemampuan membuat dan mengubah kolom
- Kemampuan menyimpan file
Mengetahui Unaaha, 2008
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH,B.A S A K R I A H, S.E
NIP. 132 662 240
Lembar Kerja Siswa
Petunjuk Pengerjaan soal
- Harga di isi dengan harga satuan dikali jumlah
- Harga barang merupakan jumlah semua harga
- PPN adalah 10% dari harga barang
- Jumlah harga adalah PPN di tambah Harga barang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar & diagram.
II. INDIKATOR
- Memasukan teks, tanggal dan bilangan dalam sel
- Menformat sel
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat
- Memasukan teks ke dalam sels
- Memasukan tanggal ke dalam sel dan memformatnya
- Memformat isi sel
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Multi model, model pembelajaran langsung dengan model kooperatif
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2) Modul Sadiman, SPd
VI. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi penulisan tanggal dalam kehidupan sehari-hari
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Guru memberitahukan beberapa contoh mengenai penulisan tanggal pada program MS. Excel
- Guru membagikan LKS dan menannyakan hal-hal yang akan dikerjakan
- Guru memberikan contoh cara menulis hurus tebal, miring dan garis bawah
- Siswa mengikuti apa-apa yang dilakukan guru, guru membimbing siswa
- Guru meminta kepada siswa untuk membuka MENU FORMAT
- Guru memberikan contoh cara menformat tanggal, koma, menformat mata uang dan memformat
- Siswa mengerjakan LKS yang telah di berikan
D. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
3. Guru memberikan tugas rumah membaca buku untuk merangkum materi untuk minggu yang akan datang
VI. EVALUASI
Penilaian kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :
- Kecepatan mengerjakan LKS
- Ketepatan dalam memilih jenis huruf, memiringkan huruf, menebalkan huruf, menggarisbarwahi
- Ketepatan dalam menformat koma dan mata uang
- Ketepatan dalam menformat tanggal
- Ketepatan menuliskan tanggal
Mengetahui Unaaha, 2009
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH,B.A S AK R I A H, S.E
NIP. 132 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar & diagram
II. INDIKATOR
- Menggabungkan sel
- Memformat baris dan kolom
- Mengoperasikan Cut, Copy, Paste dan Paste Special
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
- Menggabungkan sel
- memformat sel, baris dan kolom
- Mengoperasikan Cut
- Mengopasikan Copy
- Mengoperasikan Paste
- Mengoperasikan Paste Spesial
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
- Seperangkat computer lengkap
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Guru membagikan LKS, dan memberitahukan apa-apa yang akan di kerjakan dengan LKS tersebut
- Guru memberikan contoh secara langsung cara menggabungkan dua cell atau lebih
- Siswa mengikuti apa yang dilakukan guru
- Guru membimbing siswa cara untuk mencopy, CUT, PASTE, PASTE SPESCIAL
- Guru menjelaskan cara untuk menjumlah, mencari rata-rata pada setiap kolom
- Guru membinbing siswa dari memahami cel absolut dan cel relatif
- Guru membimbing siswa untuk memformat tinggi coloum, lembar coulum dab baris
- Guru menanyakan kepada siswa apa ada yang belum paham mengenai perintah-perintah yang telah dikerjakan
- Guru menginntruksikan kepada siswa untuk mengerjakan LKS yang telah dibagikan
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
VI. EVALUASI KOGNITIF
1. Apa fungsi dari PASTE dan PASTE SPESIAL ?
2. Bagaimana cara menghilangan kata, kalimat dari lembar kerja
3. Bagaimana prosedur untuk memperbanyak dengan menggunakan menu EDIT
4. Tuliskan dengan lengkap cara untuk menggabungkan dua sel atau lebih
5. Bagaimana prosedur untuk membersar kolom atau memperkecil kolom
Evaluasi Psikomotorik (Dengan melihat hasil kerja LKS, setiap poin skor 1 – 10)
1. Kecepatan pengerjaan
2. Ketrampilan memperbesar dan memperkecil kolom
3. Keterampilan untuk menformat tanggal
4. Keterampilan menulis tanggal
5. Keterampilan untuk meng-CUT
6. Keterampilan untuk meng-COPY
7. Keterampilan untuk meng-PASTE
8. Keterampilan menggunakan tombol-tombol cepat
9. Kerapihan hasil kerja
10.Ketepatan dengan teks LKS
Mengetahui Unaaha,
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH,B.A S A K R I A H, B.A
NIP. 132 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar & diagram
II. INDIKATOR
- Menggabungkan sel
- Memformat baris dan kolom
- Mengoperasikan Cut, Copy, Paste dan Paste Special
III. TUJUAN PEMBALAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
- Menggabungkan sel
- memformat sel, baris dan kolom
- Mengoperasikan Cut
- Mengopasikan Copy
- Mengoperasikan Paste
- Mengoperasikan Paste Spesial
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
- Seperangkat komputer lengkap
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Guru membagikan LKS dan siswa diminta untuk memahami tampilah-tampilan pada LKS
- guru menjelaskan cara pengerjaan LKS
- guru memberikan contoh cara untuk mencari nilai terbesar dengan fungsi MAX
- guru memberikan contoh cara untuk mencari nilai terkecil dengan fungsi MIN
- guru menjelaskan cara untuk mengambil huruf dari kiri LEFT
- guru menjelaskan cara untuk mengambil huruf / carakter di tengah MID
- guru menjelaskan cara untuk mengambil huruf di kanan RIGHT
- Siswa mencoba perintah-perintah yang telah dicontohkan
- Siswa diminta untuk mengerjakan LKS
10. guru membimbing dan mengawasi kerja siswa dan melakukan penilaian Psikomotorik
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk merangkum buku untuk materi berikutnya
VI. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Berdasarkan LKS yang tersedia (terlampir, setiap point di beri skor 1 – 10)
- Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi MAX
- Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsin MIN
- Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi LEFT
- Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi MID
- keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi RIGHT
- Keterampilan dan kecepatan siswa dalam mengetik
- Keterampilan siswa dalam membuat kolom
- Kerapilhan hasil kerja
- Kecepatan mengerjakan secara keseluruhan
- Ketepatan hasil kerja dengan teks LKS
Mengetahui Unaaha, 2009
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH,B.A S A K R I A H, S.E
NIP. 131 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar & diagram
II. INDIKATOR
- Print Priview dan mencetak workseet dan workbook
III. TUJUAN PEMBALARAJAN
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat
- Menampilkan dokumen di layar dengan perintah Print Priview
- Mencetak Worsheet
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
- Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
- LKS karya Sadiman, S.Pd
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Siswa diminta untuk membuka dokumen minggu sebelumnya
- Siswa diminta untuk membuka MENU
- Siswa diminta untuk mempraktekan sunb menu PRINT PREVIEW
- Siswa diminta untuk memperbesar dan memperkecil tampilan print proview dengan mengklik mouse
- Guru menjelaskan fungsi IF dan sintaknya
- Siswa diminta untuk mempraktekan fungsi if
- Guru membagikan LKS dan siswa diminta untuk mengerjakan
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
VI. EVALUASI PEMAHAMAN KONSEP
- Tuliskan sub menu yang ada pada MENU FILE
- Apa fungsi dari PRINT PRIVIEW
- Tuliskan sintak fungsi IF
- Jika A, diterjemahkan Sangat Baik, B = Baik, C = Cukup dan D= Kurang, A,B,C,D ada pada C4 tuliskan perintahnya di MS.Excel
Penilaian Psikomotorik
Penilaian dilakukan sesuai dengan LKS yang tersedia karya Sadiman, S.Pd
Mengetahui Unaaha, 2009
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, B.A
NIP. 132 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 1 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
5.3. Mengelola dan mencetak lembar kerja (workshet)
II. INDIKATOR
- Mengatur tata letak (lay out) cetakan
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat
Mengatur tata letak (layout) dokumen (worksheet)
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
- Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan cara menformat dokumen, mulai dari Ukuran kertas, batas kanan, atas, kiri dan bawah
- Siswa diminta untuk menformat dokumen dengan ukuran kertas A4, batas kiri dan atas 4 Cm dan batas kanan dan bawah 3 cm
- Guru menjelaskan fungsi
- Guru membagikan LKS
- Siswa diminta untuk mengerjakan teks sesuai dengan LKS yang tersedia
- Guru memintan kepada siswa untuk mengaktifkan menu FILE dan mempraktekan sub Menu PRINTING
- Siswa diminta untuk memahami perintah-perintah yang ada pada pull down menu printing
- Siswa diminta untuk mempraktekan dalam mencetak dokumen
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
VII. EVALUASI PSIKOMOTORIK
Tugas Proyek
Siswa diminta untuk mengerjakan sebuah work book dengan ketentuan yang telah di berikan sebagai dengan waktu pengerjaan selama 1 minggu (lembar kerja terlampir)
Penilaian meliputi :
- Ketepatan hasil cetakan proyek dengan LKS yang dibagikan
- Kelengkapan hasil proyek
- Rumus-rumus yang digunakan dalam proyek
- Kerapihan hasil proyek
Mengetahui Unaaha,
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH, B.A S AK R I A H, S.E
NIP. 132 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
2.3. Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram.
II. INDIKATOR
- Mengelola workseet dalam workbook (mengganti nama, menyisipkan, menghapus dan memindahkan serta menyalin)
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
- Menganti nama worksheet
- Menyisipkan worksheet
- Menghapus worksheet
- Memindahakan worksheet
- Menyalin worksheet
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Sadiman, S.Pd
- Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
- LCd Proyektor
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Sisw diminta mengaktifkan dokumen Daftar Guru SMA Plus
- Guru mendemontrasikan cara menyisipkan kolom dan baris pada dokumen tersebut
- Siswa diminta untuk mengikuti apa yang telah dilakukan guru
- Guru mendemontrasikan cara memotong, memindahkan ke sheet yang berbeda
- Siswa diminta untuk mempraktekan apa yang telah dipelajari
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
VI. EVALUASI
- Tuliskan prosedur menyisipkan kolom dan baris pada work book
- jika kita ingin menyisipkan sheet yang baru pada work book
- Jika kita ingin memindahkan isi dari sheet 1 ke sheet 2 bagaimana prosedurnya
- Bagaimana cara untuk mengubal nama sheet
Mengetahui Unaaha, 2009
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E
NIP. 132 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 4 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
2.3. Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram
II. INDIKATOR
· Memasukan formula
- Menggunakan referensi absolute dan relativer
- Menyalin fornula ke dalam range menggunakan grad (fille down dan fill across)
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
- Memasukan formula
- Menggunakan referensi sel absolut
- Menggunakan referensi sel relatif
- Menggandakan dengan menggunakan perintah COPY
- Menggandakan dengan menggunakan perintah fill across
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
- Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd
- Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
- Seperangkat LCD
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Siswa diminta untuk mengaktifkan MS Excel atau membuka dokumen baru yang masih kosong
- Guru memberikan beberapa contoh formula fungsi fungsi LOGIKA, DATABASE, STATISTIK, TRIGONOMETRI, FINANSIAL
- Siswa diminta untuk mengkopy dan tidak perlu mengetik fungsi secara berulang
- Guru membagikan LKS
- Siswadiminta untuk mengerjakan LKS yang meliputi fungsi IF, dan LOOKUP
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
VI. EVALUASI
1. Tuliskan rumus fungsi If, COUNT, COUNTIF, dan VLOOKUP
2. Bagaimana cara untuk mengcopy formula cell relative dan absolute dengan menggunakan fille down dan fill across
Mengetahui Unaaha, 2009
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH, B.A S A K R I AH, S.E
NIP. 132 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
2.3. Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram
II. INDIKATOR
1. Membuat grafik (chart) dari data yang tersedia
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
- Membuat chart dari data yang tersedia
- Memodifikasi chart
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
- Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
- Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Siswa diminta untuk mengaktifkan Program Pengolah angka MS.Excel
- Guru membagikan LKS dan
- siswa diminta untuk mengetik LKS yang telah dibagikan
- Guru mendemontrasikan cara untuk membuat car dari tolls menu
- Guru mendemontrasikan cara untuk memilih range dan tipe chart
- Guru menginformasikan cara untuk memberi nama X-axis danY-axis, titel, legend, latar belakang
- siswa diminta untuk membuat chart sesuai dengan LKS yang telah dibagikan
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
VII. EVALUASI PSIKOMOTORIK
1. Perhatikan table berikut ini. Buatlah Chart bentuk Batang tegak dengan sumbu X Ulangan ke, Sumbu Y nilai, Legend nama siswa, Titel Ulangan Harian TIK dan garis horizontal pada latar grafik
- simpan dokumen grafik dengan nama GRAFIK-TUGAS-2
No | Nama Siswa | Nilai-1 | Nilai-2 | Nilai-3 | Rata-rata |
1 | Rodi Edi | 90 | 90 | 80 | |
2 | Ira Swara | 80 | 90 | 90 | |
3 | Susanto Beno | 70 | 90 | 80 | |
4 | Andrianus Moy | 60 | 70 | 75 | |
5 | Lidya Natalie | 60 | 80 | 60 |
Mengetahui Unaaha, 20 April 2009
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E
NIP. 132 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
2.3. Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram
II. INDIKATOR
1. Pengurutan data
2. Menggunakn filter data
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
- Mengurutkan data dengan menggunakan tool atau menu secara descending
- Mengurutkan data dengan menggunakan tool atau menu secara ascending
- Memfilter data
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
- Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
- Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
- Lembar Kerja Siswa
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Siswa diminta untuk mengaktifkan window dan Ms. Excel
- Guru mendemontrasikan step by step cara untuk mengformat ukuran halaman kertas Folio, Kertas Kuarto dan A4, beserta batas marginya
- Siswa mengikuti apa-apa yang telah dilakukan guru
- 4. Guru membagikan teks kerja (LKS) terlampir
- Siswa mengerjakan LKS sesuai dengan kemampuannya selama 25 menit
- Guru membimbing siswa untuk mengurutkan data dengan beberapa kriterima acending dan desending
- Guru menginformasikan cara menggunakan filter data
- Siswa mempraktekan apa-apa yang telah dilakukan guru
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
VI. EVALUASI
1. Tulis menu pull down yang ada pada menu DATA
2. Bagaimana prosedur untuk mengurutkan data
3. Bagaimana prosedur untuk menggunakan filter data
4. Jika dokumenyang kita difilter merupakan dokumen yang kita buat cart bagaimana
perubahan yang terjadi pada chart
LKS Untuk SORT dan FILTER
DATA PEGAWAI
SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III
PANGKALAN BALAI
SUMATERA SELATAN
TAHUN 2008
No | Nama Pegawai | NIP | Gaji Pokok | Jumlah Anak | Tunjangan anak | Gaji |
1 | Larsito, S.Pd | 12221467 | 1000000 | 1 | ||
2 | Drs. Sugiman | 12222789 | 1000000 | 2 | ||
3 | Anto, Sudarto, SE | 13223240 | 1290000 | 0 | ||
4 | Dunk Cik, SH | 12309000 | 1300000 | 1 | ||
5 | Drs. Zalili, MBA | 12999000 | 1300000 | 1 | ||
6 | Soni Kuncoro, SE | 12890001 | 1300000 | 1 | ||
7 | Samsul, S.Pd | 12002002 | 1290000 | 1 | ||
8 | Rahmad Danu, SH | 12222200 | 1000000 | 1 | ||
9 | Samsidar, SH | 12222210 | 1000000 | 1 | ||
10 | Darima, SE | 12223310 | 1450000 | 2 | ||
11 | Eti Sufarni, SH | 12323323 | 1450000 | 2 | ||
12 | Sumirah, S.Pd | 12333324 | 1450000 | 2 | ||
12 | Enti Eliyana | 12333325 | 1000000 | 2 | ||
14 | Siti Fadilah Supari, SE | 12333326 | 1450000 | 2 | ||
15 | Sumarni, SH | 12333327 | 1450000 | 2 | ||
Ketentuan menjawab:
- Tunjangan anak adalh 0,5% per anak dari gaji pokok
- Gaji merupakan jumlah gaji pokok dan tunjangan
- Urutkan daftar pegawai diatas berdasarkan NIP nya
- Uruttkan daftar pegawai di atas berdasarnya gajinya
- Simpan dengan nama URUT-DATA PEGAWAI
Mengetahui Unaaha,
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E
NIP. 132 662 240
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester : XI / Genap
Standar Kompetensi : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
Untuk menghasilkan informasi
Waktu : 2 x 45 menit
Satuan Pendidikan : SMA N 2 Unaaha
I. KOMPETENSI DASAR
5.5. Menggambungkan karya lembar kerja dengan dokumen pengolah angka
II. INDIKATOR
1. Melakukan proses penyisipan data dalam lembar kerja ke dalam dokumen pengolah kata
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat
Menyisipkan lembar kerja (worksheet) ke dalam Microsoft Word
IV. MODEL PEMBELAJARAN
Model pembelajaran langsung
V. SUMBER BELAJAR
- Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga (2)
- Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
- Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
- Lembar Kerja Siswa
V. KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
- Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
- Apersepsi
- Motivasi
B. Kegiatan Inti
- Siswa diminta untuk mengaktifkan window dan Ms Word dan Excel
- Guru membagikan LKS berisi data Excel (terlampir)
- Guru menjelaskan cara untuk mengkopi ke dalam dokumen Wor dengan PASTE LINK
- Siswa diminta untuk mengkopy dengan PASTER LINK
C. Penutup
1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator
2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini
3. Guru memberikan tugas rumah (PR)
VI. EVALUASI
Dokumen dibawah ini dibuat didalam Excel dan dipindahkan dengan metode PASTE LINK yang dimimiki MS. Word
Mengetahui Unaaha, 8 Mei 2009
Kepala SMA N 2 Unaaha Guru Mata Pelajaran TIK
HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E
NIP. 132 662 240
LKS untuk dikerjakan di rumah
Buatlah dokumen dibawah ini di MS. Word, tetapi tabel dibuat dengan menggunakan Ms. Excel dan gunakanlah fasilitas PASTE LINK
PT RABERfafa BERSAUDARA
Jl. Kebun Bunga No. 566 Palembang Sumatera Selatan
Telp. (0711) 370 211
DAFTAR STOK BARANG
Selama Bulan Oktober 2005
No | Nama Barang | Jumlah Stok | Harga Satuan | Jumlah harga | Netto Harga |
1 | Ban Tyred GP 26 C | 20 buah | Rp. 500,000.00 | ||
2 | Ban Speed Motor | 150 buah | Rp. 89,000.00 | ||
3 | Ban Jaguar Mobil | 10 buah | Rp. 650,000.00 | ||
4 | Ban ICR motor 20 x | 599 buah | Rp. 75,000.00 | ||
5 | Band Dun Lop Mobil | 29 buah | Rp. 1,000,000.00 | ||
Jumlah |
Kepala Gudang
Andira Subki Al Mudaris
NPP. 2908
Petunjuk :
- Buatlah table seperti gambar di atas
- Jumlah harga di isi dengan menggunakan formula dari jumlah stok * harga satuan
- Netto harga adalah harga satuan dikurang potongan sebanyak 10% perbuah
- Simpan dengan nama TABEL-Nama Kamu
- Ikuti pentunjuk guru
Tinggalkan komentar