Perangkat Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester                    : XI / Genap

Standar Kompetensi             : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                               :  2 X 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA NEGERI 2 UNAAHA

I.              KOMPETENSI DASAR

2.1. Menggunakan menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka

II.           INDIKATOR

·         Mendeskripsikan manfaat program pengolah angka

·         Mengaktifkan program

III.        TUJUAN PEMBELAJARAN

IV.        MODEL PEMBELAJARAN

Model Pembelajaran Langsunng dan Praktik

V.           SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
  2. Modul  Pembelajaran Sadiman
  3. Undang-undang hak cipta

VI.        KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.     Pendahuluan

1.    Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran

  1. Apersepsi tentang pengolah angka dan worksheet
  2. Motivasi penggunaan excel dalam dunia kerja

B.      Kegiatan Inti

Pertemuan ke-1 (2 jam)

  1. Guru memberikan contoh beberapa program pengolah data yang populer
  2. Guru menginformasikan tentang keunggulan MS. Excel
  3. Guru memberikan contoh step by step cara mengaktifkan MS.Excel
  4. Guru membimbing siswa untuk mengaktifkan MS. Excel  dan menon-aktifkannya
  5. Guru menjelaskan step by step tentang bagian-bagian dari lembar kerja MS.Excel mulai dari Menu, Tool menu, indikator alamat cell, cell, kolom, lebar kolom, baris, banyak baris, sheet
  6. Guru memberikan contoh cara mengetik pada lembar kerja MS.Excel

C.     Penutup

1. Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2. Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

VII.   EVALUASI & PENILAIAN

A. Penilaian Pemahaman Konsep (Kognitif)

(Skor 0 – 100)

1. Berikan beberapa contoh program pengolah data yang handal dan banyak digunakan saat ini?

2. Tuliskan keunggulan-keunggulan (minimal 5)  yang dimiliki MS. Excel

3. Apa nama bagian dibawah ini, dan tuliskan sub menunya masing-masing 2 buah

4.  Apa fungsi dari toolmenu berikut :

A.                                                     B.

5. Apa nama bagian berikut dan jelaska !

B. Penilaian Praktik (Psikomotorik)

Meliputi :

– Keterampilan mengaktifkan dan menonaktikan MS. Excel (1 – 20)

– Keterampilan mengetik  (1 – 20)

– Kemampuan mengidentifikasi dan menggunakan menu (1 – 20)

– Kemampuan  mengidentifikasi dan menggunakan toolsmenu (1 – 20)

– Keterampilan mengidentifikasi alamat cell (1 – 20)

C. Penilaian Afektif (Sikap)

Meliputi :

–          Kehadiran di kelas ketepatan kehadiran di kelas  dengan rentang 1 – 4

–          ketepatan waktu pengumpulan tugas

–          Frekuensi menjawab soal (menunjuk jari, maju, mengkomentari jawaban teman)

–          Sikap yang ditunjukan pada saat ditunjuk maju ke depan

–          Kerjasama antar anggota kelompok

Mengetahui                                                                                              Unaaha,

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E

NIP. 132 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2.2

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  2 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

5.2. Membuat lembar kerja menggunakan program lembar kerja (workseet)

II.    INDIKATOR

III.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

1.  Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd

2.  Seperangkat computer beserta dengan tempat duduknya

VI.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.          Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Guru membagikan lembar kerja (LKS terlampir)
  2. Siswa mengerjakan LKS
  3. Guru mengontrol sempanjang siswa mengerjakan LKS

C.     Penutup

1.  Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2.  Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

VI. EVALUASI PSIKOMOTORIK

Penilaian kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :

  1. Kecepatan mengerjakan LKS
  2. Kerapihan pekerjaan
  3. Kemampuan membuat dan mengubah kolom
  4. Kemampuan menyimpan file

Mengetahui                                                                                              Unaaha,                                                2008

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH,B.A S A K R I A H, S.E

NIP. 132 662 240

Lembar Kerja Siswa

Petunjuk Pengerjaan soal

  1. Harga di isi dengan harga satuan dikali jumlah
  2. Harga barang merupakan jumlah semua harga
  3. PPN adalah 10% dari harga barang
  4. Jumlah harga adalah PPN di tambah Harga barang

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  2 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar & diagram.

II.    INDIKATOR

III.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Multi model, model pembelajaran langsung dengan model kooperatif

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  (2) Modul Sadiman, SPd

VI.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.      Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi penulisan tanggal dalam kehidupan sehari-hari
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Guru memberitahukan beberapa  contoh mengenai penulisan tanggal pada program MS. Excel
  2. Guru membagikan LKS dan menannyakan hal-hal yang akan dikerjakan
  3. Guru memberikan contoh cara menulis hurus tebal, miring dan garis bawah
  4. Siswa mengikuti apa-apa yang dilakukan guru, guru membimbing siswa
  5. Guru meminta kepada siswa untuk membuka MENU FORMAT
  6. Guru memberikan contoh cara menformat tanggal, koma, menformat mata uang dan memformat
  7. Siswa mengerjakan LKS yang telah di berikan

D.     Penutup

1.  Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator

2.  Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

3.  Guru memberikan tugas rumah membaca buku untuk merangkum materi untuk minggu yang akan datang

VI. EVALUASI

Penilaian kepada siswa di lakukan meliputi LKS yang dibagikan :

  1. Kecepatan mengerjakan LKS
  2. Ketepatan dalam memilih jenis huruf, memiringkan huruf, menebalkan huruf, menggarisbarwahi
  3. Ketepatan dalam menformat koma dan mata uang
  4. Ketepatan dalam menformat tanggal
  5. Ketepatan menuliskan tanggal

Mengetahui                                                                                              Unaaha,                                2009

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH,B.A S AK R I A H, S.E

NIP. 132 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  2 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar & diagram

II.    INDIKATOR

III.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

  1. Menggabungkan sel
  2. memformat sel, baris dan kolom
  3. Mengoperasikan Cut
  4. Mengopasikan Copy
  5. Mengoperasikan Paste
  6. Mengoperasikan Paste Spesial

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  (2)
  2. Seperangkat computer lengkap

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.     Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Guru membagikan LKS, dan memberitahukan apa-apa yang akan di kerjakan dengan LKS tersebut
  2. Guru memberikan contoh secara langsung cara menggabungkan dua cell atau lebih
  3. Siswa mengikuti apa yang dilakukan guru
  4. Guru membimbing siswa cara untuk mencopy, CUT, PASTE, PASTE SPESCIAL
  5. Guru  menjelaskan cara untuk menjumlah, mencari rata-rata pada setiap kolom
  6. Guru membinbing siswa dari memahami cel absolut dan cel relatif
  7. Guru membimbing siswa untuk memformat tinggi coloum, lembar coulum dab baris
  8. Guru menanyakan kepada siswa apa ada yang belum paham mengenai perintah-perintah yang telah dikerjakan
  9. Guru menginntruksikan kepada siswa untuk mengerjakan LKS yang telah dibagikan

C.         Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

VI. EVALUASI KOGNITIF

1.  Apa fungsi dari PASTE dan PASTE SPESIAL ?

2.  Bagaimana cara menghilangan kata, kalimat dari lembar kerja

3.  Bagaimana prosedur untuk memperbanyak dengan menggunakan menu EDIT

4.  Tuliskan dengan lengkap cara untuk menggabungkan dua sel atau lebih

5.   Bagaimana prosedur untuk membersar kolom atau memperkecil kolom

Evaluasi Psikomotorik (Dengan melihat hasil kerja LKS, setiap poin skor 1 – 10)

1.  Kecepatan pengerjaan

2.  Ketrampilan memperbesar dan memperkecil kolom

3.  Keterampilan untuk menformat tanggal

4.  Keterampilan menulis tanggal

5.  Keterampilan untuk meng-CUT

6.  Keterampilan untuk meng-COPY

7.  Keterampilan untuk meng-PASTE

8.  Keterampilan menggunakan tombol-tombol cepat

9.  Kerapihan hasil kerja

10.Ketepatan dengan teks LKS

Mengetahui                                                                                              Unaaha,

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH,B.A S A K R I A H, B.A

NIP. 132 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  2 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar & diagram

II.    INDIKATOR

III.     TUJUAN PEMBALAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
  2. Seperangkat komputer lengkap

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.         Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Guru membagikan LKS dan siswa diminta untuk memahami tampilah-tampilan pada LKS
  2. guru menjelaskan cara pengerjaan LKS
  3. guru memberikan contoh cara untuk mencari nilai terbesar dengan fungsi  MAX
  4. guru memberikan contoh cara untuk mencari nilai terkecil dengan fungsi MIN
  5. guru menjelaskan cara untuk mengambil huruf dari kiri LEFT
  6. guru menjelaskan cara untuk mengambil huruf / carakter di tengah MID
  7. guru menjelaskan cara untuk mengambil huruf di kanan RIGHT
  8. Siswa mencoba perintah-perintah yang telah dicontohkan
  9. Siswa diminta untuk mengerjakan LKS

10.  guru membimbing dan mengawasi kerja siswa dan melakukan penilaian Psikomotorik

C.         Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2.      Siswa diminta untuk merangkum buku untuk materi berikutnya

VI.    EVALUASI PSIKOMOTORIK

Berdasarkan  LKS yang tersedia (terlampir, setiap point di beri skor 1 – 10)

  1. Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi MAX
  2. Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsin MIN
  3. Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi LEFT
  4. Keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi MID
  5. keterampilan siswa untuk menggunakan fungsi RIGHT
  6. Keterampilan dan kecepatan siswa dalam mengetik
  7. Keterampilan siswa dalam membuat kolom
  8. Kerapilhan hasil kerja
  9. Kecepatan mengerjakan secara keseluruhan
  10. Ketepatan hasil kerja dengan teks LKS

Mengetahui                                                                                                              Unaaha,                                2009

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH,B.A S A K R I A H, S.E

NIP. 131 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                          :  2 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

2.2. Membuat dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar & diagram

II.    INDIKATOR

III.     TUJUAN PEMBALARAJAN

Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat

  1. Menampilkan dokumen di layar dengan perintah Print Priview
  2. Mencetak Worsheet

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  (2)
  2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
  3. LKS karya Sadiman, S.Pd

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.         Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Siswa diminta untuk membuka dokumen minggu sebelumnya
  2. Siswa diminta untuk membuka MENU
  3. Siswa diminta untuk mempraktekan sunb menu PRINT PREVIEW
  4. Siswa diminta untuk memperbesar dan memperkecil tampilan print proview dengan mengklik mouse
  5. Guru menjelaskan fungsi IF dan sintaknya
  6. Siswa diminta untuk mempraktekan fungsi if
  7. Guru membagikan LKS dan siswa diminta untuk mengerjakan

C.         Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

VI. EVALUASI PEMAHAMAN KONSEP

  1. Tuliskan sub menu yang ada pada MENU FILE
  2. Apa fungsi dari PRINT PRIVIEW
  3. Tuliskan sintak fungsi IF
  4. Jika A, diterjemahkan Sangat Baik, B = Baik, C = Cukup dan D= Kurang, A,B,C,D ada pada C4 tuliskan perintahnya di MS.Excel

Penilaian Psikomotorik

Penilaian dilakukan sesuai dengan LKS yang tersedia karya Sadiman, S.Pd

Mengetahui                                                                                              Unaaha,                                                2009

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, B.A

NIP. 132 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  1 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

5.3. Mengelola dan mencetak lembar kerja (workshet)

II.    INDIKATOR

III.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat

Mengatur tata letak (layout) dokumen (worksheet)

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Karya Sadiman, S.Pd
  2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.         Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Guru menjelaskan cara menformat dokumen, mulai dari Ukuran kertas, batas kanan, atas, kiri dan bawah
  2. Siswa diminta untuk menformat dokumen dengan ukuran kertas A4, batas kiri dan atas 4 Cm dan batas kanan dan bawah 3 cm
  3. Guru menjelaskan fungsi
  4. Guru membagikan LKS
  5. Siswa diminta untuk mengerjakan teks sesuai dengan LKS yang tersedia
  6. Guru memintan kepada siswa untuk mengaktifkan menu FILE dan mempraktekan sub Menu PRINTING
  7. Siswa diminta untuk memahami perintah-perintah yang ada pada pull down menu printing
  8. Siswa diminta untuk mempraktekan dalam mencetak dokumen

C.         Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

VII. EVALUASI PSIKOMOTORIK

Tugas Proyek

Siswa diminta untuk mengerjakan sebuah work book dengan ketentuan yang telah di berikan sebagai dengan waktu pengerjaan selama 1 minggu (lembar kerja terlampir)

Penilaian meliputi :

  1. Ketepatan hasil cetakan proyek dengan LKS yang dibagikan
  2. Kelengkapan hasil proyek
  3. Rumus-rumus yang digunakan dalam proyek
  4. Kerapihan hasil proyek

Mengetahui                                                                                              Unaaha,

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH, B.A S AK R I A H, S.E

NIP. 132 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  2 x 45 menit

Satuan Pendidikan     : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

2.3. Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram.

II.    INDIKATOR

III.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  Sadiman, S.Pd
  2. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
  3. LCd Proyektor

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A. Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Sisw diminta mengaktifkan dokumen Daftar Guru SMA Plus
  2. Guru mendemontrasikan cara menyisipkan kolom dan baris pada dokumen tersebut
  3. Siswa diminta untuk mengikuti apa yang telah dilakukan guru
  4. Guru mendemontrasikan cara memotong, memindahkan ke sheet yang berbeda
  5. Siswa diminta untuk mempraktekan apa yang telah dipelajari

C.      Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

VI. EVALUASI

  1. Tuliskan prosedur menyisipkan kolom dan baris pada work book
  2. jika kita ingin menyisipkan sheet yang baru pada work book
  3. Jika kita ingin memindahkan isi dari sheet 1 ke sheet 2 bagaimana prosedurnya
  4. Bagaimana cara untuk mengubal nama sheet

Mengetahui                                                                                              Unaaha,                                2009

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E

NIP. 132 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  4 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

2.3. Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram

II.    INDIKATOR

·         Memasukan formula

III.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga Karya Sadiman, S.Pd
  2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd
  3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
  4. Seperangkat LCD

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.         Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Siswa diminta untuk mengaktifkan MS Excel atau membuka dokumen baru yang masih kosong
  2. Guru memberikan beberapa contoh formula fungsi fungsi LOGIKA, DATABASE, STATISTIK, TRIGONOMETRI, FINANSIAL
  3. Siswa diminta untuk mengkopy dan tidak perlu mengetik fungsi secara berulang
  4. Guru membagikan LKS
  5. Siswadiminta untuk mengerjakan LKS yang meliputi fungsi IF, dan LOOKUP

C.      Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indikator

2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

VI. EVALUASI

1. Tuliskan rumus fungsi If, COUNT, COUNTIF, dan VLOOKUP

2. Bagaimana cara untuk mengcopy formula cell relative dan absolute dengan menggunakan fille down dan fill across

Mengetahui                                                                                              Unaaha,                   2009

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH, B.A S A K R I AH, S.E

NIP. 132 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  2 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

2.3. Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram

II.    INDIKATOR

1. Membuat grafik (chart) dari data yang tersedia

III.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

  1. Membuat chart dari data yang tersedia
  2. Memodifikasi chart

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  (2)
  2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
  3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows

V.   KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.     Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Siswa diminta untuk mengaktifkan Program Pengolah angka MS.Excel
  2. Guru membagikan LKS dan
  3. siswa diminta untuk mengetik LKS yang telah dibagikan
  4. Guru mendemontrasikan cara untuk membuat car dari tolls menu
  5. Guru mendemontrasikan cara untuk memilih range dan tipe chart
  6. Guru menginformasikan cara untuk memberi nama X-axis danY-axis, titel, legend, latar belakang
  7. siswa diminta untuk membuat chart sesuai dengan LKS yang telah dibagikan

C.      Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

VII. EVALUASI PSIKOMOTORIK

1.  Perhatikan table berikut ini. Buatlah Chart bentuk Batang tegak dengan sumbu X Ulangan ke, Sumbu Y nilai, Legend nama siswa, Titel Ulangan Harian TIK dan garis horizontal pada latar grafik

  1. simpan dokumen grafik dengan nama GRAFIK-TUGAS-2
No Nama Siswa Nilai-1 Nilai-2 Nilai-3 Rata-rata
1 Rodi Edi 90 90 80
2 Ira Swara 80 90 90
3 Susanto Beno 70 90 80
4 Andrianus Moy 60 70 75
5 Lidya Natalie 60 80 60

Mengetahui                                                                                              Unaaha,   20 April  2009

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E

NIP. 132 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  2 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

2.3. Mengolah dokumen pengolah angka dengan teks, tabel, grafik, gambar dan diagram

II.    INDIKATOR

1. Pengurutan data

2. Menggunakn filter data

III.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah Proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

  1. Mengurutkan data dengan menggunakan tool atau menu secara descending
  2. Mengurutkan data dengan menggunakan tool atau menu secara ascending
  3. Memfilter data

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  (2)
  2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
  3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
  4. Lembar Kerja Siswa

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.         Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Siswa diminta untuk mengaktifkan  window dan Ms. Excel
  2. Guru mendemontrasikan step by step cara untuk mengformat ukuran halaman kertas Folio, Kertas Kuarto dan A4, beserta batas marginya
  3. Siswa mengikuti apa-apa yang telah dilakukan guru
  4. 4. Guru membagikan teks kerja (LKS) terlampir
  5. Siswa mengerjakan LKS sesuai dengan kemampuannya selama 25 menit
  6. Guru membimbing siswa untuk mengurutkan data dengan beberapa kriterima acending dan desending
  7. Guru menginformasikan cara menggunakan filter data
  8. Siswa mempraktekan apa-apa yang telah dilakukan guru

C.      Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

VI. EVALUASI

1. Tulis menu pull down yang ada pada menu DATA

2. Bagaimana prosedur untuk mengurutkan data

3. Bagaimana prosedur untuk menggunakan filter data

4. Jika dokumenyang kita difilter merupakan dokumen yang kita buat cart bagaimana

perubahan yang terjadi pada chart

LKS Untuk SORT dan FILTER

DATA PEGAWAI

SMA PLUS NEGERI 2 BANYUASIN III

PANGKALAN BALAI

SUMATERA SELATAN

TAHUN 2008

No Nama Pegawai NIP Gaji Pokok Jumlah Anak Tunjangan anak Gaji
1 Larsito, S.Pd 12221467 1000000 1
2 Drs. Sugiman 12222789 1000000 2
3 Anto, Sudarto, SE 13223240 1290000 0
4 Dunk Cik,   SH 12309000 1300000 1
5 Drs. Zalili, MBA 12999000 1300000 1
6 Soni Kuncoro, SE 12890001 1300000 1
7 Samsul, S.Pd 12002002 1290000 1
8 Rahmad Danu, SH 12222200 1000000 1
9 Samsidar, SH 12222210 1000000 1
10 Darima, SE 12223310 1450000 2
11 Eti Sufarni, SH 12323323 1450000 2
12 Sumirah, S.Pd 12333324 1450000 2
12 Enti Eliyana 12333325 1000000 2
14 Siti Fadilah Supari, SE 12333326 1450000 2
15 Sumarni, SH 12333327 1450000 2

Ketentuan menjawab:

  1. Tunjangan anak adalh 0,5% per anak dari gaji pokok
  2. Gaji merupakan jumlah gaji pokok dan tunjangan
  3. Urutkan daftar pegawai diatas berdasarkan NIP nya
  4. Uruttkan daftar pegawai di atas berdasarnya gajinya
  5. Simpan dengan nama URUT-DATA PEGAWAI

Mengetahui                                                                                              Unaaha,

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E

NIP. 132 662 240

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester         : XI / Genap

Standar Kompetensi    : Menggunakan perangkat lunak pengolah angka

Untuk menghasilkan informasi

Waktu                         :  2 x 45 menit

Satuan Pendidikan      : SMA N 2 Unaaha

I.       KOMPETENSI DASAR

5.5. Menggambungkan karya lembar kerja dengan dokumen pengolah angka

II.    INDIKATOR

1. Melakukan proses penyisipan data dalam lembar kerja ke dalam dokumen pengolah kata

III.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat

Menyisipkan lembar kerja (worksheet) ke dalam Microsoft Word

IV.      MODEL PEMBELAJARAN

Model pembelajaran langsung

V.         SUMBER BELAJAR

  1. Buku pegangan siswa (1) Penerbit Erlangga  (2)
  2. Modul Belajar Karya Sadiman, S.Pd Penerbit Yayasan Phesdia Palembang
  3. Seperangkat computer lengkap dengam program under windows
  4. Lembar Kerja Siswa

V. KEGIATAN PEMBELAJARAN

A.         Pendahuluan

  1. Menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran
  2. Apersepsi
  3. Motivasi

B.     Kegiatan Inti

  1. Siswa diminta untuk mengaktifkan  window dan Ms Word dan Excel
  2. Guru membagikan LKS berisi data Excel (terlampir)
  3. Guru menjelaskan cara untuk mengkopi ke dalam dokumen Wor dengan PASTE LINK
  4. Siswa diminta untuk mengkopy dengan PASTER LINK

C.      Penutup

1.      Guru mengevaluasi dengan memberikan pertanyaan seputar indicator

2.      Siswa diminta untuk membuatan rangkuman dari pembelajaran pada hari ini

3.      Guru memberikan tugas rumah (PR)

VI. EVALUASI

Dokumen dibawah ini dibuat didalam Excel dan dipindahkan dengan metode PASTE LINK yang dimimiki MS. Word

Mengetahui                                                                                              Unaaha,   8 Mei  2009

Kepala SMA N 2 Unaaha                                                                     Guru Mata Pelajaran TIK

HAERUL SALEH, B.A S A K R I A H, S.E

NIP. 132 662 240

LKS untuk dikerjakan di rumah

Buatlah dokumen dibawah ini di MS. Word, tetapi tabel dibuat dengan menggunakan Ms. Excel dan gunakanlah fasilitas PASTE LINK

PT RABERfafa BERSAUDARA

Jl. Kebun Bunga No. 566 Palembang Sumatera Selatan

Telp. (0711) 370 211

DAFTAR STOK BARANG

Selama Bulan Oktober 2005

No Nama Barang Jumlah Stok Harga Satuan Jumlah harga Netto Harga
1 Ban Tyred GP 26 C 20 buah Rp. 500,000.00
2 Ban Speed Motor 150 buah Rp.  89,000.00
3 Ban Jaguar Mobil 10 buah Rp. 650,000.00
4 Ban ICR motor 20 x 599 buah Rp. 75,000.00
5 Band Dun Lop Mobil 29 buah Rp. 1,000,000.00
Jumlah

Kepala Gudang

Andira Subki Al Mudaris

NPP. 2908

Petunjuk :

  1. Buatlah table seperti gambar di atas
  2. Jumlah harga di isi dengan menggunakan formula dari jumlah stok * harga satuan
  3. Netto harga adalah harga satuan dikurang potongan sebanyak 10% perbuah
  4. Simpan dengan nama TABEL-Nama Kamu
  5. Ikuti pentunjuk guru

Tinggalkan komentar